Motor dengan System Anti Jatuh dari Honda

1
115
Motor dengan System Anti Jatuh dari Honda
Texno.id,- Pabrikan mesin motor asal Jepang ini tak henti-hentinya memproduksi sepeda motor dengan beragam fitur dan teknologi terbaru. Hal itu terbukti dengan perkenalan motor Honda yang memiliki system anti jatuh yang disebut dengan Riding Assist-e.

Teknologi Robotik Honda Riding Assist-e

Kemampuan robotik yang tersematkan pada Honda ini dikarenakan desain kedua ban yang dirancang dapat menjaga keseimbangan. Hal itu diungkapkan oleh Honda dan teknologi tersebut telah melalui uji penelitian robot humanoid. Teknologi yang disematkan pada Honda Anti Jatuh ini sangat safety, khususnya ketika kendaraan tidak melaju dengan cepat. Ketika pada kecepatan lambat, teknologi anti jatuh pada Honda ini akan aktif dan membuat motor tetap seimbang. Jika produsen lain menggunakan sensor giroskop untuk membuat motor tetap seimbang, berbeda dengan Honda Riding Assist-e yang menggunakan sistem kemudi untuk membuat motor tetap seimbang dan tidak jatuh. Ketika motor melaju dengan kecepatan lambat, kemudi pada bagian depan akan maju dan membuat motorter lihat memanjang. Justru ini adalah hal yang dimanfaatkan Honda untuk membuat motor tetap dalam keadaan seimbang. Dalam beberapa pengujian yang dilakukan untuk membuktikan teknologi anti jatuh pada Honda Assist-e ini, terdapat beberapa hasil tes yang menakjubkan. Hasil tes tersebut adalah motor tidak dapat jatuh bahkan ketika diam dan sedang ditunggangi oleh pengendara. Konsep keseimbangan yang diterapkan oleh Honda pada produknya ini sama persis ketika manusia menjaga keseimbangannya saat berkendara.

Menggunakan Tenaga Listrik

Perbedaan dengan produsen lain adalah pada suplai tenaga yang digunakan. Jika produsen lain masih menggunakan suplai tenaga dari BBM, Honda Assist-e menggunakan suplai tenaga dari listrik. Sebelum Honda System Anti Jatuh diperkenalkan, sebenarnya sudah ada versi pendahulunya, namun masih menggunakan suplai tenaga dari BBM. Menurut Direktur Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, perubahan suplai tenaga dari BBM ke tenaga listrik ini merupakan respon Honda terhadap masyarakat yang menginginkan kendaraan bebas emisi, serta untuk menghemat cadangan BBM di seluruh dunia. Motor dengan tampilan yang futuristik dengan tenaga penggeraknya listrik ini sangat menarik para pecinta otomotif, khususnya kendaraan roda dua. Banyak yang ingin segera memiliki motor istimewa dari Honda ini, namun sayangnya Honda dengan System Anti Jatuh ini masih dalam bentuk prototype dan belum diproduksi secara masal. Kapan diproduksi untuk publik dan berapa harganya, Honda masih belum memberikan keterangan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here