Teknologi Masa Depan, Mobil Tanpa Sopir

0
154
Teknologi Masa Depan, Mobil Tanpa Sopir

Texno.id,– Salah satu yang akan terwujud di tahun 2025 adalah transportasi mobil tanpa sopir. Penemuan ini berhasil diujicobakan. Dan kelak di tahun mendatang, kita bisa membayangkan menaiki mobil tanpa membutuhkan pengemudi.

Transportasi mobil berbasis aplikasi online seperti Grab, Uber, Gocar dan lain-lain menjadi pionir dalam menggunakan teknologi mobil tanpa pengemudi. Sehingga tak aneh di jalanan berseliweran mobil tanpa sopir untuk menjemput dan mengantarkan penumpang.

Masa depan dunia trasnportasi sangat cerah di masa mendatang. Bukan hanya adanya teknologi mobil tanpa sopir. Tapi berbagai kendaraan canggih terus diciptakan. Sampai lahir pula kendaraan mutakhir untuk wisata ke luar angkasa, bulan dan planet Mars. Namun yang paling mempengaruhi kehidupan manusia adalah adanya teknologi mobil tanpa pengemudi.

Pada waktu sobat memanggil mobil taxi online lewat aplikasi maka mobil datang dengan sendirinya tanpa pengemudi. Anda tinggal menaikinya. Biaya transportasi bisa lebih murah karena menggunakan teknologi robot. Kendaraan bermotor roda empat yang tak menggunakan teknologi mobil tanpa sopir mulai ditinggalkan orang. Sehingga di masa depan, anda tak akan merasa aneh menyaksikan mobil jalan sendiri. Justeru sebaliknya menjadi aneh bila ada mobil berjalan dengan sopir yang berada di dalamnya.

Apa yang penulis diutarakan di atas merupakan perkiraan kehidupan di tahun 2025 menurut para ahli transportasi dunia. Teknologi mobil tanpa sopir ini telah diujicobakan oleh perusahaan taxi online, Uber di negara Amerika Serikat Kota Pittsburgh. Mobil yang dipakai adalah Volvo XC90. Namun teknologi ini masih belum sempurna dan sedang dalam penyempurnaan lebih lanjut. Dimana teknologi otomatis ini masih belum bisa mengetahui jalan rusak. Oleh sebab itu, berbagai perusahaan produsen mobil ternama di dunia terus mengembangkan teknologi AVS (Autonomous Vehicles).

Teknologi Masa Depan : Mobil Tanpa Sopir

Untuk mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir  yang sempurna tidak bisa dilakukan sendirian. Beberapa produsen mobil dan perusahaan teknologi saling bekerjasama satu sama lain. Misalkan Daimler, BMW, Tesla, Volkswagen dan Toyota menjalin kemitraan dengan perusahaan tekno Nvidia. Begitupula dengan Mitsubishi, Nissan dan Renault telah mengadakan kerjasama dengan perusahaan teknologi Intel.

Konsumen terbesar yang akan menggunakan teknologi AVS ini diawal kelahiran teknologi mobil tanpa sopir adalah perusahaan taxi online. Seperti Uber, Grab, Gocar dll. Dengan pemanfaatan teknologi ini akan menghemat atau memangkas biaya operasional perusahaan mereka. Karena biaya upah sopir dan biaya bahan bakar bisa dipangkas.

Namun penggunaan teknologi AVS atau mobil tanpa sopir ini bukan tanpa resiko. Penggunaan sistem AVS mengalami beberapa kali kecelakaan yang membuat sebagian orang apatis terhadap teknologi automatis ini. Namun sebagian besar orang masih berpandangan bahwa teknologi ini bisa terus disempurnakan.  Beberapa kecelakaan akibat penggunaan AVS merupakan proses perjalanan revolusi transportasi di masa depan. Dan justeru teknologi AVS dapat meningkatkan keselamatan selama berkendara. Sebab berdasarkan survey bahwa kecelakaan mobil 95 persen disebabkan oleh faktor manusia.

Dalih di atas diperkuat dengan bukti awal mula proses penciptaan dan dikembangkan kendaraan darat, kapal laut dan pesawat terbang mengalami banyak kecelakaan. Namun berjalan waktu setelah disempurnakan kendaraan darat, laut dan udara tersebut maka angka kecelakaan sangat kecil. Itulah yang terjadi pada teknologi mobil tanpa sopir. Pada tahun 2018 setelah diujicoba mengalami beberapa kecelakaan. Tapi di tahun 2025 diprediksi era AVS dimulai dimana angka kecelakaan bisa sangat kecil terjadi dari penggunaan teknologi AVS atau mobil tanpa pengemudi ini.

Untuk menyambut era AVS, pada tahun 2019 General Motors telah berencana memproduksi mobil berteknologi canggih tanpa sopir ini dalam edisi terbatas. Dan diprediksi pada tahun 2020 sudah ada 10 juta pengguna mobil berteknologi autonomous Vehicles di dunia. Bagaimanakah dengan Indonesia, siapkah kita menempuh era baru dalam dunia transportasi berteknologi AVS? ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here