Tips Membeli Barang Bekas Online Supaya Tidak Menyesal

0
88
Tips Membeli Barang Bekas Online Supaya Tidak Menyesal

Texno.id,- Membeli barang untuk kebutuhan memang tidak bisa dihindari, apalagi sudah jamannya online, dimana kita bisa membeli barang dari rumah. Namun, ketika ingin membeli barang, khususnya barang bekas secara online, ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya Anda tidak menyesal.

Berikut ini Texno.id berikan tips-tips yang bisa Anda gunakan ketika akan membeli barang bekas melalui platform online seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan Lazada.

Memastikan Stock dan Kondisi Barang

Kita tidak pernah tahu apakah stock barang yang dijual selalu tersedia, kecuali telah diterangkan pada deskripsi produk bahwa barang selalu tersedia. Jika tidak ada keterangan stock selalu tersedia, Anda bisa menanyakan kepada pihak penjual melalui chat yang ada di platform online tersebut. Tanyakan stock dan bagaimana kondisi barang.

Jangan mudah percaya dengan deskripsi yang dituliskan oleh penjual karena bisa saja dibuat buat agar calon pembeli tertarik. Satu lagi, ketika ada yang menjual barang bekas dengan deskripsi sangat baik namun harganya terlalu murah jangan langsung percaya.

Tanyakan dulu kepada penjual, dan jika penjual mengajak via chat di luar platform online, jangan dilanjutkan, karena sudah banyak orang yang tertipu dengan penjual abal-abal seperti di Bukalapak, Shopee dan lainnya. Lakukan chat apapun kepada penjual melalui fitur chat yang tersedia di toko online tersebut.

Melihat Penilaian dan Komentar para Pembeli

Biasanya, di bawah deskripsi produk terdapat penilaian dan komentar para pembeli. Penilaian yang tidak baik dari pembeli bisa menjadi pertimbangan bagi Anda ketika akan membeli barang bekas tersebut. Jika kendala yang dialami pembeli berkaitan dengan kecepatan pengiriman, saya rasa itu bisa ditoleransi.

Tetapi, jika penilaian pembeli karena kondisi barang cacat atau tidak sesuai deskripsi, saya sarankan untuk beralih ke toko lain yang menjual barang sama, namun memiliki reputasi dan penilaian baik.

Pilih yang Bergaransi

Meski hanya barang bekas, tentu saja garansi bisa menjadi pertimbangan. Apalagi barang bekas yang dibeli cukup mahal. Misalnya laptop atau handphone bekas. Jika ingin mendapatkan garansi, mintalah kepada penjual untuk bersedia memberi garansi dengan bukti kartu garansi dari toko.

Garansi toko memang tidak sepanjang dari garansi resmi, namun setidaknya jika terdapat kecacatan pada barang, Anda bisa mengajukan garansi dengan bukti kartu garansi toko atau screenshot chat ketika penjual setuju memberikan garansi. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here