Woi! Begini Lho Tips Membeli Smartphone

0
119
Woi! Begini Lho Tips Membeli Smartphone

Texno.id,- Dewasa ini berbagai macam smartphone hadir di pasaran, mulai dari harga Rp. 1 juta hingga puluhan juta pun ada. Setiap kelas smartphone memiliki kemampuan yang berbeda beda dan biasanya harga yang dibandrol tidak jauh beda antar vendor smartphone. Lalu, bagaimana tips membeli smartphone?

Sisi negatif dengan hadirnya banyak pilihan smartphone adalah seorang pembeli yang awam tentang teknologi akan bingung dengan pilihan smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya. Memang, setiap membeli elektronik apapun harus beriorientasi pada kebutuhan ya, bukan pada keinginan. Kecuali Anda memiliki uang lebih jadi tidak mengapa.

Tips Membeli Smartphone

Supaya Anda tidak kecewa setelah membeli smartphone, kali ini saya akan memberikan tips nya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir salah beli smartphone.

  1. Perhatikan kebutuhan Anda

Jika kamu membeli smartphone untuk kebutuhan misalnya untuk sosial media, chatting maupun gaming ringan serta aktifitas yang membutuhkan banyak aplikasi, maka pilihlah smartphone dengan spesifikasi sebagai berikut :

– Prosesor Snapdragon 425 atau Snapdragon 435

– Kapasitas RAM 2 GB

– Ukuran layar 5 inchi atau lebih (sesuaikan dengan kenyamanan baca)

– Fitur pelengkap (tidak wajib) misalnya fingerprint

Smartphone dengan spesifikasi tersebut saya rasa sudah cukup mampu menjalankan aktifitas seperti chatting, gaming ringan, maupun aktifitas lain yang tidak membutuhkan banyak penggunaan RAM. Jika budget Anda sekitar 1,4 jutaan maka pilihan yang direkomendasikan adalah Xiaomi Redmi 4A dan Redmi 5A.

Namun, jika kebutuhan Anda adalah untuk gaming berat seperti untuk main PUBG, saya sarankan untuk membeli smartphone dengan minimal spesifikasi berikut :

– RAM 3 GB

– Prosesor Snapdragon 636

  1. Perhatikan budget

Setelah melihat kebutuhan, sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jika budget yang dimiliki terbatas, kamu dapat memangkas spesifikasi nya. Maksudnya adalah menurunkan minimum spesifikasi pada smartphone yang ingin dibeli.

Jika kamu membutuhkan RAM 3 GB namun hanya memiliki budget 1,5 juta saja, maka kamu bisa mengurangi spesifikasi RAM tersebut dan memilih smartphone dengan RAM yang lebih kecil misalnya 2GB. Meski spesifikasi nya berbeda, fungsi untuk menjalankan aplikasi berat masih cukup mampu misalnya untuk main Mobile Legend.

  1. Layanan pasca beli

Layanan pasca beli ini maksudnya apakah ada layanan berupa garansi atau pelayanan lain ketika smartphone yang dibeli terdapat kerusakan? Jika pun cabang yang tersedia masih jauh dan jarang dari tempat tinggal mu, lebih baik hindari dan pilih smartphone dengan cabang yang lebih luas untuk memudahkan klaim garansi atau untuk berkonsultasi jika mendapat kendala.

Demikian tips membeli smartphone. Muda-mudahan bermanfaat bagi kamu yang masih bingung saat memilih dan membeli smartphone. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here